Langsung ke konten utama

Belajar Digital Marketing bersama LIBMI Education Center

Sumber: Libmi Education Center


       Siapa yang tidak kenal dengan istilah digital marketing? Di era yang serba digital ini tentu marketer berlomba-lomba menyusun strategi pemasaran yang tepat yang untuk memasarkan produk mereka secara praktis melalui platform digital. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa media baru ini bukan merupakan media yang sempit dan sederhana untuk difahami. Berbeda dengan pemasaran konvensional, pemasaran secara digital memiliki aspek yang kompleks dan selalu berkaitan dengan pemrograman hingga algoritma. Tak jarang bila kelas-kelas mengenai pemasaran ini tergolong dijual dengan harga yang tinggi karena diperlukan pengajar yang profesional untuk menyampaikannya secara sederhana tanpa mengurangi nilainya.
        
        Pada bulan Mei lalu saya berkesempatan untuk mengikuti online course mengenai Pemasaran Digital oleh Departemen Ekonomi Pembangunan yang berkolaborasi dengan LIBMI Education Center. Materi yang disajikan terdiri dari Search Engine Optimization (SEO), Google My Business, Pemasaran Sosial Media, Web dan Landingpage, serta Konten Pemasaran. Kelas dimulai pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2022 pukul 9.00 – 12.00 WIB melalui platform Zoom.

        Materi pertama dibuka dengan materi SEO. Materi ini dimulai dengan penjenjelasan singkat mengenai SEO, pentingnya menggunakan SEO, riset kata kunci, dan cara penulisan artikel yang SEO friendly. Pemateri melakukan presentasi dengan singkat dan dengan materi yang praktikal, sehingga kami dapat langsung melakukannya setelah kelas selesai. Pemateri juga terlibat aktif dalam diskusi hingga seluruh pertanyaan yang diajukan terjawab dengan baik.

          Kelas kedua baru dimulai pada hari Senin tanggal 30 Mei 2022 dengan materi Google My Business. Pada materi ini pemateri tidak banyak menjelaskan secara teoritis melainkan lebih kepada praktik listing bisnis pada mesin pencari Google. Di hari berikutnya mengenai Pemasaran Sosial Media dan Web dan Landingpage juga lebih banyak menunjukkan praktik pemasaran melalui Facebook fanpage dan marketplace, serta pembuatan situs web melalui Google Sites guna menunjang pembuatan situs web secara gratis yang dapat menunjang pemasaran produk melalui optimisasi kata kunci. Di hari terakhir mengenai Konten Pemasaran, kami diajarkan untuk menyusun konten digital yang strategis guna memperkuat brand awareness dan mengikat loyalitas pelanggan pada produk yang kita pasarakan.

           Selama 5 hari belajar di LIBMI Education Center, saya merasa bahwa materi yang disampaikan cukup sederhana dan mudah untuk dipahami. Pemateri yang bertanggung jawab pada masing-masing topik juga mengasai bidangnya sehingga kebingungan yang timbul pada materi yang disampaikan dapat terjawab dengan baik oleh mereka. Informasi mengenai program ini dapat dikunjungi melalui situs Libmi Education Center dengan biaya yang terjangkau dan dengan sertifikasi yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Komentar