Sumber: Libmi Education Center
Siapa yang tidak kenal dengan istilah digital
marketing? Di era yang serba digital ini tentu marketer
berlomba-lomba menyusun strategi pemasaran yang tepat yang untuk memasarkan
produk mereka secara praktis melalui platform digital. Namun tidak bisa dipungkiri
bahwa media baru ini bukan merupakan media yang sempit dan sederhana untuk
difahami. Berbeda dengan pemasaran konvensional, pemasaran secara digital
memiliki aspek yang kompleks dan selalu berkaitan dengan pemrograman hingga algoritma.
Tak jarang bila kelas-kelas mengenai pemasaran ini tergolong dijual dengan
harga yang tinggi karena diperlukan pengajar yang profesional untuk
menyampaikannya secara sederhana tanpa mengurangi nilainya.
Pada bulan Mei lalu saya berkesempatan untuk mengikuti
online course mengenai Pemasaran Digital oleh Departemen Ekonomi
Pembangunan yang berkolaborasi dengan LIBMI Education Center. Materi yang
disajikan terdiri dari Search Engine Optimization (SEO), Google My
Business, Pemasaran Sosial Media, Web dan Landingpage, serta Konten
Pemasaran. Kelas dimulai pada hari Sabtu tanggal 28 Mei 2022 pukul 9.00 – 12.00
WIB melalui platform Zoom.
Materi pertama dibuka dengan materi SEO. Materi ini dimulai
dengan penjenjelasan singkat mengenai SEO, pentingnya menggunakan SEO, riset
kata kunci, dan cara penulisan artikel yang SEO friendly. Pemateri
melakukan presentasi dengan singkat dan dengan materi yang praktikal, sehingga
kami dapat langsung melakukannya setelah kelas selesai. Pemateri juga terlibat
aktif dalam diskusi hingga seluruh pertanyaan yang diajukan terjawab dengan
baik.
Kelas kedua baru dimulai pada hari Senin tanggal 30
Mei 2022 dengan materi Google My Business. Pada materi ini pemateri
tidak banyak menjelaskan secara teoritis melainkan lebih kepada praktik listing
bisnis pada mesin pencari Google. Di hari berikutnya mengenai Pemasaran Sosial
Media dan Web dan Landingpage juga lebih banyak menunjukkan
praktik pemasaran melalui Facebook fanpage dan marketplace, serta pembuatan
situs web melalui Google Sites guna menunjang pembuatan situs web secara gratis
yang dapat menunjang pemasaran produk melalui optimisasi kata kunci. Di hari
terakhir mengenai Konten Pemasaran, kami diajarkan untuk menyusun konten digital
yang strategis guna memperkuat brand awareness dan mengikat loyalitas
pelanggan pada produk yang kita pasarakan.
Selama 5 hari belajar
di LIBMI Education Center, saya merasa bahwa materi yang disampaikan cukup
sederhana dan mudah untuk dipahami. Pemateri yang bertanggung jawab pada
masing-masing topik juga mengasai bidangnya sehingga kebingungan yang timbul
pada materi yang disampaikan dapat terjawab dengan baik oleh mereka. Informasi
mengenai program ini dapat dikunjungi melalui situs Libmi Education Center dengan biaya yang terjangkau dan dengan sertifikasi yang
diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Komentar
Posting Komentar